9 Juni, AirAsia Buka Rute Baru Lombok-Perth

Kompas.com – 06/06/2019, 12:01 WIB

Pantai Tanjung Aan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

KOMPAS.com – Maskapai berbiaya murah yang berpusat di Malaysia, AirAsia, akan membuka rute penerbangan baru dari Kota Perth di Australia menuju Lombok di Nusa Tenggara Barat mulai Minggu (9/6/2019) mendatang. Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, pembukaan rute baru ini merupakan kelanjutan dari komitmen AirAsia untuk membuka pusat operasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Realisasi pembukaan jalur ini merupakan upaya transformasi Lombok menjadi “Bali Baru”, sekaligus dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata pascagempa Lombok pada 2018 silam.

Pembukaan rute tersebut juga diharapkan bisa menggaet turis dari Australia sehingga Lombok menjadi destinasi wisata yang diminati wisatawan dari negeri kanguru itu.

Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.
(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

“Ini merupakan awal pembentukan hub terbaru kami. Sekaligus mendukung transformasi Lombok sebagai Bali baru. Dalam beberapa bulan ke depan, pulau ini akan menjadi tujuan wisata yang semakin diminati warga Australia. Apalagi dengan penerbangan yang relatif singkat dari Perth,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Rabu (5/6/2019).

Dendy melanjutkan pengembangan Lombok sebagai hub terbaru AirAsia diharapkan akan berperan sebagai katalis untuk pertumbuhan dan persaingan yang sehat antarmaskapai.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani menyambut positif upaya maskapai tersebut sebagai pengembangan pariwisata di Lombok.

Perth Festival, salah satu festival yang digelar di Australia Barat.(DOK. Tourism Western Australia)

“Kami yakin pertumbuhan pariwisata Lombok akan melesat setelah dibukanya rute ini. Apalagi, AirAsia akan menjadikan Lombok sebagai hub. Pariwisata Lombok akan berkembang. Kami yakin bisa lebih baik dari sebelumnya,” ujar Rizki. Kemenpar bekerja sama dengan AirAsia dalam kurun waktu 2 Mei 2019 hingga 30 November 2019.

Kemenpar menggelontorkan Rp 4,3 milar untuk promosi maskapai itu, sementara AirAsia berkomitmen mendatangkan lebih dari 15.000 wisatawan melalui rute baru Perth-Lombok. (*) Video Pilihan PenulisRifqi Aufal Sutisna EditorI Made Asdhiana

“Kami yakin pertumbuhan pariwisata Lombok akan melesat setelah dibukanya rute ini. Apalagi, AirAsia akan menjadikan Lombok sebagai hub. Pariwisata Lombok akan berkembang. Kami yakin bisa lebih baik dari sebelumnya,” ujar Rizki. Kemenpar bekerja sama dengan AirAsia dalam kurun waktu 2 Mei 2019 hingga 30 November 2019.

Kemenpar menggelontorkan Rp 4,3 milar untuk promosi maskapai itu, sementara AirAsia berkomitmen mendatangkan lebih dari 15.000 wisatawan melalui rute baru Perth-Lombok. (*)

Penulis : Rifqi Aufal Sutisna
Editor : I Made Asdhiana

Sumber: https://travel.kompas.com/read/2019/06/06/120100427/9-juni-airasia-buka-rute-baru-lombok-perth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *