Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup untuk Antisipasi Cuaca Buruk dan Pemulihan Ekosistem
Gunung Baru Jari di Segara Anakan dilihat dari puncak Gunung Rinjani, Lombok. Gambar diambil saat pendakian 2013. (Tribunnews.com/Y Gustaman)

TRIBUNTRAVEL.COM – Pendakian Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup mulai Selasa (1/1/2019).

Informasi ini disampaikan Taman Nasional Gunung Rinjani melalui surat edaran dengan nomor PG.2176/T.39/TU/KSA/12/2018.

Surat edaran tertanggal 28 Desember 2018 tersebut berisi tentang Penutupan Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dalam surat edaran tersebut tertulis jalur pendakian ditutup untuk mengantisipasi cuaca buruk yang akhir-akhir ini kerap terjadi.

Selain itu, juga untuk memulihkan ekosistem Taman Nasional Gunung Rinjani.

Lalu sampai kapan jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup?

Dalam surat edaran itu pula diinformasikan jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Pembukaan jalur pendakian akan dilakukan setelah cuaca memungkinkan dan pemulihan ekosistem selesai,” informasi yang tertulis dalam surat edaran.

(Instagram/urban.hikers)
Mulai 1 Januari, Pendakian Gunung Rinjani Ditutup hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Saat itu, diperkirakan jalur pendakian Gunung Rinjani akan ditutup selama setahun. Namun pada November 2018, jalur pendakian Gunung Rinjani via Aiq Berik sempat dibuka. Jalur pendakian Aiq Berik merupakan jalur lama, namun selama ini kurang dipromosikan karena sejumlah faktor. Mengutip dari Kompas.com, di jalur pendakian ini pendaki tidak bisa naik sampai ke puncak dan tidak bisa turun ke Danau Segara Anak. Namun pendaki masih bisa menikmati pemandangan Danau Segara Anak dari Plawangan Kondo.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup untuk Antisipasi Cuaca Buruk dan Pemulihan Ekosistem, http://www.tribunnews.com/travel/2019/01/01/jalur-pendakian-gunung-rinjani-ditutup-untuk-antisipasi-cuaca-buruk-dan-pemulihan-ekosistem.

Editor: Arif Setyabudi Santoso

Sumber: http://www.tribunnews.com/travel/2019/01/01/jalur-pendakian-gunung-rinjani-ditutup-untuk-antisipasi-cuaca-buruk-dan-pemulihan-ekosistem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *